sejarah perkembangan komputer
sumber : https://www.indoworx.com/
Kehadiran perangkat komputer tentu sangat berguna untuk membantu kehidupan manusia di era dewasa ini. Meskipun telah dikeluarkan dan mulai digunakan teknologi mobile yang lebih praktis, tapi ternyata itu masih belum mampu menggeser posisi komputer dalam urusan menyelesaikan pekerjaan.
Perkembangan komputer juga sudah terlihat dari beberapa dekade yang lalu, bahkan dari komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana hingga kini yang praktis dan bisa dibawa kemana pun dan kapan pun pengguna menginginkannya.
Sebelum mencapai titik tersebut, komputer sendiri mempunyai sejarah panjang mengenai perkembangannya dari generasi ke generasi. Sejarah itu sendiri dibagi menjadi empat generasi, dan tiap generasinya perangkat komputer yang diciptakan selalu dibuat lebih baik sekaligus berbentuk lebih kecil dari sebelumnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai sejarah komputer beserta perkembangannya dari generasi ke generasi
- Sejarah Perkembangan Komputer
1. Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum
Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 silam yang menggunakan media tabung vakum sebagai komponen dasarnya. Tabung vakum sendiri merupakan sebuah material yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga ini dinilai kurang efektif jika digunakan pada masa sekarang. Selain menghasilkan panas yang berlebih, komputer ini juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya.
Yang lebih mengejutkannya lagi adalah berat komputer generasi pertama ini ternyata mencapai hingga 30 ton dan bahkan menggunakan 18 ribu tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi per tabungnya. Komputer pertama ini bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer yang diciptakan oleh Mauchly dan Echert.
Tidak menggunakan bahasa komputer sepopuler seperti sekarang, ENIAC sendiri pada waktu ini menggunakan bahasa mesin, merupakan bahasa pemrograman paling dasar yang dapat dipahami oleh komputer. Dan karena keterbatasan kemampuan, akhirnya membuat komputer ini tidak dapat memecahkan masalah dalam satu waktu sekaligus. Meskipun terbilang sangat terbatas, namun pembuatan komputer generasi pertama tersebut menghabiskan biaya sekitar satu juta dollar.
2. Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor
Komputer generasi kedua tidak lagi menggunakan tabung vakum sebagai medianya, melainkan teknologi transistor digadang-gadang adalah cikal bakal dari terciptanya komputer ini. Berbeda dengan tabung vakum yang berukuran besar, transistor sendiri memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil serta tidak menghasilkan panas berlebihan. Dengan menggunakan transistor, otomatis perangkat komputer yang diciptakan bisa berbentuk lebih kecil dibanding sebelumnya.
Komputer generasi kedua tidak mewarisi komponen-komponen komputer terdahulunya. Sebab, bahasa mesin yang dulu digunakan di komputer pertama ternyata juga diganti menjadi bahasa assembly atau kata lainnya adalah bahasa simbolik. Dan hal itu tentu utamanya lebih memudahkan, karena pengguna dan programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.
Setelah dirilisnya komputer generasi kedua, bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan pada saat itu; seperti halnya Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Perubahan bahasa pemrograman tersebut ternyata memberikan dampak yang efektif untuk komputer sekaligus memberikan manfaat komputasi yang lebih cepat dan akurat.
3. Komputer Generasi Ketiga (1965-1971) Sirkuit Terintegrasi
Komputer generasi ketiga ini sudah tidak lagi menggunakan transistor apalagi tabung vakum, melainkan telah beralih menggunakan teknologi Integrated Circuit (ICs). Meskipun demikian, komponen transistor tidak serta merta ditinggalkan begitu saja tapi masih dipakai untuk membantu kinerja komputer generasi ketiga ini. Dan yang pasti, transistornya sendiri tidak lagi berukuran besar, namun sudah diminiaturkan dan diletakan pada IC. Satu buah IC itu terdiri dari beberapa transistor, resistor, dan kapasitor.
Teknologi IC yang dipakai pada komputer generasi ketiga dinilai lebih memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan sekaligus efisiensi dari sebuah komputer. Komputer pada generasi ini terlihat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan komputer pada generasi-generasi sebelumnya. Sekaligus temuan ini menjadi komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi. Perlu diketahui bahwa komputer-komputer generasi sebelumnya tidak menggunakan keyboard sebagai sarana penginputannya, melainkan menggunakan kartu berlubang dan pita kertas, yang artinya teknologi pada saat itu tentu jauh tertinggal jika dibandingkan pada saat terciptanya komputer generasi ketiga.
Selain ukurannya yang lebih kecil, komputer ini juga dihargai relatif murah dan masih dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya.
4. Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor
Yang terlahir pada generasi keempat adalah komputer berjenis microprosesor yang bahkan masih digunakan hingga sekarang dan yang masih kita lihat pada umumnya. Microprosesor sendiri menggabungkan beberapa komponen menjadi satu dalam chip yang kecil. Chip tersebut terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu. Artinya secara otomatis hal itu juga membuat sebuah komputer berukuran lebih kecil.
Perkembangan komputer generasi keempat ini dibuat dan dicetuskan oleh Intel, salah satu perusahaan teknologi yang menciptakan chip Intel 4004 yang kemudian menjadi cikal bakal komponen inti dari perangkat komputer. Sedangkan yang menciptakan komputer modern untuk pertama kali adalah dari perusahaan IBM yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan. Lalu menyusul Apple dengan komputer Macinthos-nya pada tahun 1984.
Perkembangan teknologi komputer yang dirasa sangat cepat itu secara tidak langsung melahirkan ide untuk menciptakan sebuah jaringan komputer, yang mana kemudian mengarah pada kelahiran internet. Selain itu, komputer generasi keempat sendiri juga sudah mulai menggunakan mouse, dan diciptakannya Graphical User Interface (GUI), dan kemajuan-kemajuan lainnya. Itu membuktikan bahwa semakin majunya teknologi, maka semakin mudah juga pekerjaan manusia. Komputer generasi keempat adalah salah satu contoh perkembangan teknologi menuju kearah yang lebih praktis dan lebih efisien untuk aktivitas manusia tentunya. Inovasi selanjutnya hasil dari perkembangan komputer generasi keempat yakni menghasilkan komputer portabel yang bisa dibawa kemana pun dan dapat dioperasikan kapan pun atau yang biasa disebut laptop.
SEJARAH PERKEMBANGAN
PERANGKAT KERAS (HARDWARE)
KOMPUTER
sumber : https://uglyfack.wordpress.com/
Pengolahan data telah dilakukan manusia sejak jaman dahulu, berpikir untuk menemukan peralatan-peralatan yang dapat mengolah data lebih cepat. Misalnya: anda salah satu dari ribuan juataan manusia yang memakai kalkulator saku. Alat ini dapat melakukan perhitungan matematika, menghitung laba dsb.Namun itu terasa belum cukup dan manusia berusaha menemukan peralatan yang lebih canggih. Komputer adalah jawabannya.. Komputer telah dipakai disemua bidang kehidupan manusia. Ada baiknya kita mengetahui sejarah perkembangan dari komputer hingga saat ini….Sejarah Perkembangan Komputer hingga saat ini erat kaitannya dengan kemampuan dan kemajuan manusia yang selalu menggunakan akal pikiran dan logika dalam kehidupannya sejak jaman pra sejarah. Manusia adalah mahluk homo sapiens yang sempurna penciptaannya walaupun saat ini banyak penemuan teknologi antariksa menyatakan manusia bukanlah mahluk cerdas satu-satunya di galaksi ini.
Alat Komputer sebagai pengolah data mulai dari sederhana hingga sekarang dapat digolongkan dalam 4 (empat) golongan, yaitu:
- Alat manual (manual device), mempergunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting.
- Alat mekanik (mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan.
- Alat mekanik elektronik (electro-mechanical device), yaitu alat mekanik yang digerakkan dengan motor elektronik.
- Alat elektronik, yaitu alat yang bekerja secara elektronik.
ALAT MANUAL
Adalah alat sebagai pengolah data sudah digunakan oleh manusia jaman purba/primitif.
- 300.000 SM. Tulang
Manusia purba sudah menggunakan tulang-tulang untuk mengingat dan berkomunikasi, seperti misalnya menghitung umur, mengukur jarak, dan sebagainya.
- 3000-14000 S.M Petroglyphs
Ditemukan oleh Bangsa Barbara
- 5000-350 S.M Tablet Tanah Liat
ditemukan di Timur Tengah Oleh Nenek Moyang Bangsa Sumeria
- 2600 S.M Tablet Tanah Liat dan Papyrus
- 2500 S.M Abacus
- 1900 S.M Batu Terstruktur (Stohenge)
- 1200 S.M Tali Bersimpul (Quipus)
Ditemukan oleh nenek moyang bangsa Peru.
- 1150. Kertas
Digunakan pertama kali oleh bangsa Moors di Spanyol untuk mencatat.
- 1614. Napier`s Bones
John Napiers Ahli Matematika Jerman menciptakan alat dari tulang untuk perhitungan perkalian. Dia adalah penemu perhitungan Logarithma.
- 1621. Oughtreds Slide Rule
Ahli Matematika Inggris William Oughteds (1575-1660) membuat alat yang dinamakan Oughtreds Slide Rule, dengan cara menggeser Mistar pada posisi tertentu.
PERKEMBANGAN ALAT MEKANIK
Sejarah perkembangan perangkat keras Komputer berawal dari Penggunakan alat mekanik memakai tangan mulai digunakan pada tahun 1623.
- 1642. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Blaise Pascal (1623-1662) ahli Matematika dan Filsafat dari Prancis menciptakan pertama kali alat perhitungan dengan mesin secara mekanik. Alat tersebut diberi nama Pascals Machine Arithmetiqueyang dikenal juga dengan nama The Pascaline.
- 1666. Mesin Pengali yang Pertama
Sir Samuel Morland (1625-1695)., menemukan mesin yang bisa melakukan perkalian (X) , penambahan (+), Pengurangan (-) dan pembagian (: ) yang pertama tapi tidak otomatis seperti The Pascaline.
- 1673. Leibnitz`s Calculating Machine
Gottfried Wilhem Von Leibnitz (1646-1716), Seorang ahli matematika dan filsafat Jerman mengembangkan mesin yang dibuat oleh Pascal.
- 1777. Mesin Logika yang Pertama
Charles Mahon (1753-1816), menciptakan suatu mesin berukuran saku yang disebut dengan namaLogic Demonstrator. Mesin ini dapat memecahkan problema numerik bentk logika dan juga masalah-masalah probabilitas, alat ini dianggap sebagai dasar komputer yang mempunyai kemampuan logika serta dapat mengambil keputusan.
- 1804. Mesin Kartu yang pertama,
Joseph Marie Jacquard (1752-1834).
- 1820. Mesin Penghitung Komersil Sukses yang Pertama
Charles Thomas De Colmar (1785-1870). Membuat mesin hitung komersil disebut De Colmar Arithnomoter yang pertama dipakai secara komersial dan sukses dan memenangkan medaliInternational Exhibition di London tahun 1862.
- 1822. Babbage`s Difference Engine
Charles Babbages (1791-1871) Ahli matematika dari Cambridge University Inggris diilhami dari Charles Mahon Logic Machine, menciptakan alat yang disebut dengan Babbage`s Difference Engine, mesin ini belum sempat diselesaikan.
- 8. 1850. Mesin Penghitung dengan Keyboard yang Pertama
D.D. Parmalee dari Amerika membuat mesin hitung yang menggunakan Keyboard.
- 1854. Aljabar Boolean yang Pertama
George S. Boole (1815-1864). Ahli logika dari Inggris dalam bukunya The Law of Thought yang dipublikasikan tahun 1854, menyatakan logika di dalam simbol-simbol matematika yang didasarkan pada 3 (tiga) operasi Logika AND, OR, NOT. Teorinya sekarang mendasari cara kerja sircuit komputer.
- 1868. The Adder
Webb dari Amerika Serikat menciptakan mesin dengan nama The Adder, yang berukuran saku tetapi hanya bisa melakukan perhitungan penambahan saja.
- 1869. Mesin Logika aljabar Boolean yang Pertama
Willian Jevons (1835-1882) melihat bahwa logika aljabar Boolean merupakan penemuan yang besar , dia menciptakan mesin yang bisa memecahkan masalah-masalah rumit dengan prinsip aljabar boolean.
- 1872. The Baldwin
Frank S. Baldwin mulai memproduksi mesin hitung di Amerika Serikat.
- 1874. Odhner`s Adding Machine (mesin hitung)
W. T. Odhner dari Swedia membuat mesin hitung yang prinsip cara kerjanya sama dengan yang dibuat Frank S. Baldwin. Mesin ini banyak digunakan sampai ditemukannya komputer hingga sekitar tahun 1960-an.
- 1879. Mesin Pencatat Kas yang Pertama
James Ritty dari Ohio membuat Cash Register dan sukses dipasarkan pada tahun 1884 oleh John H. Patterson dengan perusahannya National Cash Register Company.
- 1884. Mesin Penghitung dengan Alat Cetak yang Pertama.
William S. Burrough (1857-1898) dari Amerika, seorang pegawai Bank membuat mesin hitung yang dilengkapi alat cetak. Mesin ini diberi nama Burrough Adding And Listing Machine di patenkan pada 1888 dipasarkan pada 1891.
ALAT MEKANIK ELEKTRONIK
PERKEMBANGAN SELANJUTNYA DARI PERANGKAT KERAS SETELAH ALAT MEKANIK ADALAH ALAT MEKANIK YANG BEKERJA SECARA ELEKTRONIK SUPAYA LEBIH OTOMATIS.
- 1890. Mesin Tabulasi Kartu Plong Mekanik-Elektronik yang Pertama
Tahun 1890 seorang ahli statistik asal Buffalo NewYork, Amerika Dr. Herman Hollerith (1860-1929)bekerjasama dengan Biro Sensus Amerika membuat mesin hitung untuk sensus penduduk Amerika.
- 1920. Mesin Penghitung Otomatis yang Pertama
Leonardo Torres Y. Quevedo (1852-1936) dari Spanyol menciptakan mesin hitung otomatis yang pertama, permasalah Arithmetika diketik lewat satu mesin ketik dan mesin penghitung ini secara otomatis menyebabkan mesin ketik mengetik ulang kembali hasil penyelesaiannya. Dia juga waktu itu membuat mesin permainan Catur.
- 1931. Komputer Analog yang Pertama
Dr. Vannebar Bush (1890-1974) di MIT membuat Komputer analog pertama untuk memecahkan persolaan persamaan differensial. Mesin ini dinamakan DifferensialAnalyzer.
- 1938. Mesin Hitung Mekanik-Elektronik yang Pertama
George R. Stibitz menggunakan sirkuit mekanik-elektronik di Bell Laboratories untuk membuatComplex Calculator 1.Mesin ini dikendalikan lewat keyboard untuk perhitungan teknik.
- 1942. Komputer Digital Elektronik yang Pertama.
John. V. Atanasoff, Profesor Matematika di IOWA State College dengan asistennya Clifford Berry. Mengembangkan komputer ABC (Atanasoff Berry Computer).Merupakan komputer pertama yang menggunakan komponen tabung hampa udara.Dibuat tahun 1939 selesai tahun 1942.
- 1944. Harvard Mark I ASCC
Professor Howard Aiken (1900-1973), ahli matematika dari Harvard University bekerjasama dengan peneliti, membuat komputer yang mampu melakukan operasi Arithmetika dan Logika secara otomatis.
1946-1959. KOMPUTER GENERASI (1) PERTAMA
Ciri-ciri khas komputer generasi pertama adalah :
- Komponen yang digunakan Tabung hampa udara (Vacuum tube)
- Program dibuat dalam bahasa mesin.
- Menggunakan konsep stored program
- Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.
- Ukuran pisik komputer besar perlu ruangan.
- Cepat panas hingga perlu pendingin
- Prosesnya kurang cepat
- Simpanannya kecil
- Butuh daya listrik yang besar
- Orientasinya pada aplikasi bisnis
- 1946. Komputer Generasi I yang Pertama
Dr. John W. Mauchly (1907-1979) dan J. Presper Eckert (lahir 1919) membuat Komputer generasi pertama disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) yang Dibuat tahun 1942, diMoore School Engineering di University of Pennsylvania. Tujuan utama ENIAC adalah untuk membantu Amerika menghitung target sasaran bom, karena pada perang dunia ke-2 hanya 30% bom yang mencapai sasaran dalam radius 300 meter dari targetnya.
- 1947. Harvard Mark II
Bulan Juli 1947 dbuat komputer Harvard Mark II yang mempunyai kemampuan 12 kali lebih besar dari Harvard Mark I.
- 1947. Transistor yang Pertama
Dr. John Bardeen (lahir 1908), Dr. Walther H. Brattain (lahir 1902) dan Dr. William Scokley (lahir 1910) di Bell Laboratories menemukan transistor yang merupakan cikal bakal komponen komputer generasi ke 2
- 1949. Komputer yang Sepenuhnya Stored Program yang Pertama
Dimulai tahun 1940 oleh ahli matematika terkenal John Von Neumann (1903-1957) bersama H.H Goldstine dan A.W Burks, selesai pada Mei 1949 di Cambridge University Komputer dengan namaEDSAC (Electronik Delayed Storage Automatic Computer) merupakan komputer pertama yang memakai stored program.
1959-1964 KOMPUTER GENERASI KE 2 (Dua)
Ciri-ciri Komputer generasi ke-2 (dua):
- Komponen yang dipakai adalah transistor untuk circuitnya.
- Program dibuat dengan bahasaa tingkat tinggi.
- Kapasitas memori sudah besar dengan menggunakan magnetic core storage.
- Simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.
- Kemampuan proses real time dan time sharing
- Ukuran pisik komputer lebih kecil dibanding generasi yang pertama.
- Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per detik.
- Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
- Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik.
1964-1970 KOMPUTER GENERASI KE 3 (Tiga)
Ciri-ciri dari komputer generasi ke 3 adalah:
- Dipergunakannya IC (Integrated Circuit)
- Peningkatan pada softwarenya
- Lebih cepat, lebih tepat 10000 kali lipat dari komputer generasi pertama.
- Kapasitas memori lebih besar.
- Menggunakan simpanan luar yang sifatnya random access, yaitu disk magnetik berkapasitas besar.
- Penggunaan daya listrik lebih hemat.
- Memungkinkan melakukan Multiprocessing, yaitu memproses data berbeda dalam waktu bersamaan.
- Pengembangan Input Output yang menggunakan Visual display terminal dapat menampilkan gambar dan grafik.
- Harga lebih murah dibanding komputer generasi sebelumnya.
- Kemampuan komunikasi data dari satu komputer ke komputer lainnya.
1970 -> Sekarang Komputer Generasi Ke4 (empat)
IBM 370 telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi ke 4 yang pertama.
1971. Microprocessor yang Pertama
Ahli-ahli teknik di perusahaan Intel Corporation telah berhasil mengembangkan chip miroprocessor yang disebut dengan 4004. Perusahaan Intel menyebut 4004 sebagai Microprogramic computer on a chip.
1974. Komputer Mikro Komersial yang Pertama
Perusahaan MITS (Micro Instrumentation and Telemetry System) memproduksi komputer Micro Altair yang dijual komersial pertama dalambentuk Kit dengan harga $.400.komputer mikro ini menggunakan 8080 microprocessor buatan perusahaan Intel.
1975. Komputer Super Komersial yang Pertama
Komputer ini dinamakan Cray-1 yang dikirim dari Alamos National Laboratories yang merupakan komputer super komersial yang pertama.
1977. Local Area Network (LAN) yang Pertama
Perusahaan Datapoint Corporation mengumumkan ARCNET yang merupakan Local Area Network yang pertama.LAN adalah jaringan koneksi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu area / wilayah.
1977. Personal Komputer (PC) yang Pertama.
Sejak tahun 1977 perkembangan komputer mikro merupakan kemajuan penting dalam dunia komputer, sejak saat itu komputer sudah berbentuk lebih kecil dari sebelumnya dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat luas, sehingga disebut dengan Personal Computer (PC) hingga saat ini.
1981. Komputer Sistem Window dan Menggunakan Mouse yang Pertama.
Xerox Corporation memperkenalkan komputer diatas meja (desktop computer) yang dapat menampilkan beberapa bentuk layar sekaligus dalam bentuk jendela (window) dan memakai alatmouse yang pertama. Komputer ini dinamakan Xerox Star.
1981. Komputer IBM PC yang Pertama
Tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer mikro yang disebut dengan PC IBM. Komputer ini sukses besar dipasaran hingga akhir tahun 1982 sudah 835.000 IBM PC terjual. IBM PC pertama yang diperkenalkan ini diberi seri XT sehingga dikenal dengan IBM PC/XT. Dengan spesifikasi Microprosessor Intel 8088 speed 8 Mhz, RAM 128 KB s/d. 640 KB, Hardisk 10 MB dan 5 ¼” disket kapasitas 360 KB. Sistem operasi yang digunakan adalah MS-DOS dan PC-DOS.
1984. Komputer IBM PC/AT
IBM PC/AT (advance technology) adalah seri kelanjutan dari IBM PC/XT. Spesifikasi dari IBM PC/AT menggunakan microprocessor Intel 80286 dengan Speed 8 Mhz, RAM 256 KB s/d. 3 MB, Harddisk kapasitas 20 MB, diskette 5 ¼” kapasitas 1,2 MB dan menggunakan sistem operasi PC-DOS dan MS-DOS.
1984. Macintosh dan GUI Pertama
Perusahaan komputer Apple memperkenalkan komputer yang diberi nama Apple Macintosh tahun 1984, komputer ini menjadi terkenal karena mudah digunakan siapa saja (user friendly), kemudahannya karena menggunakan konsep GUI (graphical User Interface). Konsep GUI menggunakan Interface WIMP (windows, icons, menus, and pointing device).
1987. IBM PS/2
IBM PS/2 model 30 dikenalkan tahun 1987 menggunakan microprocessor 8086 dengan kecepatan 10 Mhz. komputer ini adalah model 50 yang menggunakan intel 80286.
1988. IBM PC/386 Komputer 32 Bit yang Pertama
Seri selanjutnya dari IBM PC/AT adalah IBM PC/386 yang menggunakan microprocessor Intel 80386 dengan Speed 16 s/d. 33 Mhz. IBM PS/2 model 60 menggunakan Intel 80386 yang merupakan komputer 32-Bit yang pertama.
(2000-Sekarang) KOMPUTER GENERASI KE-5 (lima)
Komputer generasi kelima pada saat ini sedang dalam pengembangan terus. Jepang adalah negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi ke-5 saat ini didirikan lembaga ICOT (institute for New Computer Technology), inovasi terbaru adalah komputer bisa menterjemahkan bahasa manusia, komputer bisa bicara dengan manusia, mendiagnosa penyakit, memprediksi gejala alam, pengukuran astronomi, dan lain sebagainya.
Ramalan para ahli-ahli dunia mengatakan bahwa komputer masa depan akan dapat berdiri sendiri dan berpikir sendiri (robot) bahkan bisa menyerupai manusia. Ilmuwan komputer mengatakan satu saat nanti akan tercipta komponen yang disebut Biochip yang terbuat dari bahan protein sintetis.
Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set.Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatusistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
- input divice (unit masukan)
- Process device (unit Pemrosesan)
- Output device (unit keluaran)
- Backing Storage ( unit penyimpanan)
- Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
- Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara kedalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
- Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
- Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
- QWERTY
- DVORAK
- KLOCKENBERG
- Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
- Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
- Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
- Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
- Process device (unit Pemrosesan)
- Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
- RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara.Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
- Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
- Output device ( Unit keluaran )
- Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
- Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
- Speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
- Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD) bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.Dalamperkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung
- Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lainModempengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
- materi perakitan komputer
sumber : http://wimans7jkt.blogspot.com/
Pengertian Perakitan Komputer
Pengertian Perakitan Komputer
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.
Pada akhir tahun 1980-an dan selama dekade 1990-an, pasar prosesor untuk PC didominasi oleh Intel. Ada beberapa perusahaan prosesor untuk PC, tetapi pengaruh mereka kalah jauh dibanding Intel. Lagi pula rata-rata prosesor buatan mereka masih mengambil desain x86 buatan Intel juga.
- Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja.
- Slot Memori. Slot ini digunakan untuk memasang memori utama komputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda, tergantung sistem yang digunakannya.
- Northbridge, merupakan sebutan bagi komponen utama yang mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori dan saluran utama motherboard.
- Southbridge, sebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya.
- Slot PCI Express x16, merupakan slot khusus yang bisa dipasangi kartu VGA generasi terbaru.
- Slot PCI Express x1, merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA.
- Slot AGP, merupakan slot khusus untuk memasang kartu VGA generasi sebelum adanya slot PCI Express.
- Slot PCI, merupakan slot umum yang biasa digunakan untu memasang kartu atau card dengan kecepatan di bawah slot AGP dan PCI Express.
- BIOS (Basic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard.
- Baterai CMOS, baterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.
- Port SATA, merupakan antarmuka untuk media penyimpanan generasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk dengan sistem komputer.
- Port IDE, merupakan antarmuka media penyimpanan sebelum generasi SATA.
- Port Floppy Disk, digunakan untuk menghubungkan media removableatau media penyimpanan yang bisa dicopot yaitu Disket atau Floppy Disk.
- Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.
- Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer.
- Port PS/2 Keyboard, untuk memasang keyboard.
- Port Paralel, untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan lebar data delapan bit. Biasanya digunakan untuk memasang printer sebelum generasi USB.
- Port Serial, digunakan untuk memasang periferal kecepatan rendah dengan mode transfer data serial. Namun saat ini jarang digunakan.
- Port SPDIF, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan periferal audio seperti home theatre.
- Port Firewire, untuk menghubungkan peralatan eksternal kecepatan tinggi seperti video capture atau streaming video.
- Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.
- Port USB, digunakan untuk antarmuka dengan periferal atau peralatan eksternal generasi baru yang menggantikan port paralel dan Serial.
- Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out.
- Power Supply
- Socket atau Slot Prosesor
Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau opular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu. - Chipset
- Memory
- register
- cache memory
- main memory
- memory sekunder
- Berbunyi apabila ingin mengganti booting
- Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.
- Berbunyi apabila mengganti slot,
- Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game,benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
- Pada kipas berbunyi “krek krek krek” kayak ada semutnya.
- Komputer jadi sering restart sendiri
- Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tandapaling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.
- Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
- RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.
- Clear Cmos (mengembalikan bios ke default) dengan jumper Cmos atau copot baterai Cmos
- Cek kabel dari monitor terpasang betul terpasang betul di vga port.
- Coba lepas RAM sobat dan ganti dulu sementara dengan RAM punya temen. apakah masalah komputernya masih sama atau sudah baik.
- CD-ROM
- Floppy Disk
- HARDDISK
- harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
- Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
- Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.
- Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.
- memutar plat harddisk dalam kecepatan tinggi. Perputaran ini diukur dalam satuan rotation per minute (RPM). Makin cepat putaran tiap menitnya, makin bagus kualitas harddisk tersebut. Ukuran yang lazim kita dengar adalah 5400, 7200, atau 10.000RPM.
- Sebuah peranti baca-tulis elektromagnetik yang disebut dengan heads ditempatkan pada kedua permukaan pelat. Heads berukuran kecil ini ditempatkan pada sebuah slider, sehingga heads bisa membaca data/informasi yang tersimpan pada pelat dan merekam informasi ke dalam pelat tersebut.
- Slider ini dihubungkan dengan sebuah lengan yang disebut actuator arms. Actuator arms ini sendiri dipasang mati pada poros actuator, di mana seluruh mekanisme gerakan dari actuator ini dikendalikan oleh sebuah papan pengendali (logic board) yang mengomunikasikan setiap pertukaran informasi dengan komponen komputer yang lainnya. Antara actuator dengan karena keduanya dihubungkan dengan sebuah kabel pita tipis. Kabel inilah yang menjadi jalan instruksi dari dan ke dalam pelat harddisk.
- Jumlah pelat masing-masing harddisk berbeda-beda, tergantung dari ukuran/daya tampung masing-masing pelat dan ukuran harddisk secara keseluruhan.
- Sebuah pelat harddisk pada umumnya memiliki daya tampung antara 10 atau 20gigabyte (GB). Sebuah harddisk yang berkapasitas total 40GB berarti memiliki 2 pelat, sedangkan bila berukuran 30GB, ia memiliki dua buah pelat berukuran 10 dan 20GB atau tiga buah pelat berukuran 10GB. Masing-masing pelat harddisk mampu menangani/menampung puluhan juta bit data. Data-data ini dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok yang lebih besar, sehingga memungkinkan pengaksesan informasi yang lebih cepat dan mudah.
- Masing-masing pelat memiliki dua buah head, satu berada di atas permukaan pelat, satunya lagi ada di bawah head. Dari sini ketahuan bahwa harddisk yang memiliki tiga buah pelat misalnya (rata-rata sebuah harddisk memang terdiri atas tiga pelat) memiliki total enam permukaan dan enam head.
- Masing-masing pelat memiliki kemampuan merekam dan menyimpan informasi dalam suatu lingkaran konsentris yang disebut track (bayangkan track ini seperti lintasan dalam suatu arena perlombaan atletik).
- Masing-masing track terbagi lagi dalam bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut sektor (sector). Nah, setiap sektor dalam tracktrack harddisk ini mampu menampung informasi sebesar 512 bytes.
- Sektor-sektor dalam sebuah harddisk ini tidak dikelompokkan secara mandiri tetapi dikelompokkan lagi dalam sebuah gugusan yang lebih besar yang disebut cluster. Apa fungsi peng-cluster-an ini? Tak lain adalah untuk membuat mekanisme penulisan dan penyimpanan data menjadi lebih sederhana, lebih efisien, tidak berisiko salah, dan dengan demikian memperpanjang umur harddisk.
- Sekarang kita ambil contoh ketika kita tengah menjalankan sebuah program spreadsheet pada komputer kita. Ketika kita memasukkan data ke dalam program spreadsheet, di sana terjadi ribuan atau bahkan jutaan pengaksesan disk secara individual. Dengan demikian, memasukkan data berukuran 20megabyte (MB) ke dalam sektor-sektor berukuran 512 byte jelas akan memakan waktu dan menjadi tidak efisien.
- Untuk mengefisienkan pekerjaan, inilah yang dilakukan berbagai komponen dalam PC secara bahu-membahu.
- SOUND CARD
Fungsi sound card ialah file menambahkan kemampuan pengolahansuara pada komputer serta mengatur komunikasi anata komputer denganpiranti audio seperti speaker dan microphones.
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melaluieksternal port , seperti USB atau FireWire
- Processor
- Processor
- Generasi pertama
- Generasi Kedua
- Generasi Ketiga
- Generasi Keempat
- Generasi Kelima
- Intel
- Cyrix
- Advanced Micro Devices
- Generasi Keenam
- Intel
- Pentium Pro
- Pentium II
- Pentium II Celeron
- Pentium II Celeron A : Mendocino
- Pentium II Celeron PPGA : Soket 370
- Pentium II Xeon
- Pentium III – Katmai
- AMD
- Generasi Ketujuh
- AMD
- Intel
10. Lan card
Fungsi LAN Card ( Local Area Network )atau biasa di sebut Ethernet Card yaitu salah satu perangkat komputer yang bertugas sebagai penyambung komputer dengan komputer lainnya yang biasa disebut dengan jaringan computer.
- Penyiapan motherboard
- Memasang Prosessor
- Memasang heatsink
- Memasang Modul Memori
- memasang Motherboard pada Casing
- Memasang Power Supply
- Memasang Kabel Motherboard dan Casing
- Memasang Drive
- Memasang card Adapter
- Penyelesaian Akhir
- Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
- Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
- Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
- Turunkan kembali tuas pengunci.
- Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
- Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak
- Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
- Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
- Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.
- Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
- sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
- Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.
- Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
- Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
- Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
- Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
- Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
- Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
- HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
- Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
- Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
- Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
- Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
- Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
- Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.
- Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
- Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
- Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
- Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
- Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
- Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
- Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
- Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
- Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
- Pasang sekerup penahan card ke casing
- Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.
- Pasang penutup casing dengan menggeser
- sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
- Pasang konektor monitor ke port video card.
- Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
- Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
- Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.
-materi fitur fitur motherboard
sumber : http://oc.jagatreview.com/
Motherboard merupakan sebuah komponen yang penting dalam proses overclocking. Beberapa tahun terakhir, berbagai vendor motherboard bekerja keras untuk menghadirkan berbagai fitur overclocking di motherboard mereka, sampai-sampai ada yang mengeluarkan seri motherboard khusus untuk overclocking! Nah, fitur ekstra apa saja sih yang ada di motherboard tersebut yang berguna untuk membantu overclocker? JagatOC akan mengulas 10 contoh fitur-fitur tersebut!
Catatan: Meski komponen dan desain VRM(Voltage Regulator Module) dari motherboard merupakan salah satu faktor desain yang krusial bagi durability dan overclockability sebuah motherboard, kami tidak menyertakan pembahasan komponen tersebut pada daftar ini, karena kami berencana untuk membahasnya secara terpisah di lain waktu :)
1. Onboard Power/Reset/Clear CMOS Button
Sederhana, tapi bagi overclocker yang membutuhkan untuk sering menyala-matikan PC-nya untuk menguji berbagai setting dan melakukan cold/hard reset setelah gagal menjalankan setting tertentu, tombol ini sangat berguna. Sebagai tambahan, opsi Clear CMOS yang berupa tombol akan sangat mempermudah overclocker yang harus melakukan recovery setelah setting-nya gagal diterapkan.
2. Debug LED / POST-Code LED
Troubleshooting saat overclocking merupakan hal yang normal. Namun saat sistem gagal boot, mana komponen yang harus disalahkan? Part apa yang gagal melakukan inisialisasi setelah overclocking? Melalui sebuah komponen bernama POST-Code LED dan Debug LED, motherboard bisa ‘memberitahu’ overclocker mana bagian yang gagal melakukan inisialisasi, sehingga mereka bisa menyesuaikan setting-nya.
3. Automatic Overclocking
Beberapa motherboard menawarkan fungsi ‘one-click-overclocking’, yang langsung memberikan setting overclock secara otomatis. Fitur ini sering diremehkan overclocker kelas advanced, namun sangat berguna bagi overclocker pemula untuk mengetahui setting apa yang diterapkan, dan belajar dari sana. Fitur overclock otomatis ini bisa berupa tombol fisik, atau berupa sebuah opsi pada BIOS.
-materi VGA Card
Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card – VGA adalah Video Graphics Accelerator yang memiliki fungsi sebagai cara untuk mengolah data graphis untuk bisa menampilkan layar monitor. Selain itu VGA Card juga memiliki bagian yang prossesor yang biasanya disebut dengan GPU atau Grapivs Processing Unit dan membutuhkan sejumlah memory.
VGA juga bisa dikatakan sebagai standar tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan IBM sekitarn tahun 1987. Walaupun saat ini standar VGA tidak lagi digunakan karena sudah diganti dengan standar yang lebih baru, namun VGA masuh diterapkan di Pocket pada PC.
VGA juga merupakan standar grafis trakhir yang sebenarnya sering diikuti oleh mayoritas pabrik yang membut karty grafis pada komputer. Untuk tampilan windows hingga saat ini masih menggunakan modus dengan VGA karena masih mendapatkan dukungan oleh banyak sekali produsen monitoring dan juga kartu grafis.
Dan biasanya istilah dari VGA juga sangat sering kali digunakan untuk bisa mengacu pada sebuah resolusi layar yang berukuran sekitar 640 x 480. Kartu Vga sendiri juga sering digunakan untuk menerjemahkan keluaran komputer menuju ke monitor. Untuk proses desain grafis sendiri memang dperlukan oleh grafis yang berdaya lebih tinggi.
Selain itu, untuk VGA sendiri dapat mengacu pada konektor dari VGA 15 pin yang masih dapat digunakan dengan lebih luas bisa mengantarkan sinyal dari video analog ke bagian monitor. Standart VGA sudah secara resmi dapat digantikan dengan standart XGA yang berasal dari IBM yang diganti dengan Super VGA.
fungsi VGA Card
Fungsi VGA card sendiri adalah untuk melakukan proses menerjemahkan atau mengubah sinyak digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada bagian layar monitor. Sedangkan kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan hasil output komputer ke monitor. Dimana dimaksudkan untuk desain grafis atau menggambar dan juga melakukan permainan game.
Jenis dari vga card
Ada beberapa jenis VGA card diantaranya adalah:
Kartu VGA ISA: ini adalah jenis kartu VGA yang mana sering dimasukkan pada bagian slot ekspansi ISA bus yang masih memiliki isistem I/O 8 bit atau bisa juga sekitar 16 bit.
Kartu VGA EISA: ini adalah jenis kartu VGA yang sering dipasangkan pada slot ekspansi EISA yang ada pada bus dengan sistem I/O 32 bit.
Kartu VGA PCI: ini adalah jenis kartu VGA yang dipasangkan pada bagian slot PCI bus yang memiliki sistem I/O dengan 32 bit atau bisa juga 64 bit.
Kartu VGA AGP: ini adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot dari ekpansi AGP bus yang memiliki sistem I/O dengan 128 bit ataun 256 bit.
Kartu VGA PCI Ekspress: ini adalah jenis dari kartu VGA yang mana ketikan dimaksuukan slot ekspansi PCI ekspress bus yang memiliki rangkai sistem I/O nya dengan kecapatan transfer yang benar cepat hinga mencapai 32 GB/s.
Sebenarnya kartu VGA sendiri sudah dipergunakan oleh Graphic Accelerator merupakan chipset terbaru dimana anda sudah memiliki kemampuan dalam akselersi 3D yang mana di terintegrasikan pada chips yang dimilikinya.
Selain kartu VGA sekarang ada peripheral pada komputer yang memiliki pendukung keamanan 3D accelerator yang mana memiliki fungsi sebagai alat untuk merubah atau melakukan proses menerjemahan dari data gambar 3d yang jauh lebih sempurna dan juga jauh lebih optimal.
-materi hardisk
Cakram keras atau piringan keras (bahasa Inggris: "harddisk" atau "hard drive" (disingkat HD) atau "harddisk drive" (disingkat HDD)) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Diska keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Diska keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Diska keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar diska keras saat ini mencapai 14 TB dengan ukuran standar 3,5 inci[1]
Data yang disimpan dalam diska keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik, yakni: "penyimpan tak gabar"[2] atau "mantap" (bahasa Inggris: nonvolatile). Dalam sebuah diska keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini diska keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Diska keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, diska keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah-belah.
sejarah hardisk
Cakram keras ditemukan pada tahun 1956 sebagai media penyimpan data untuk perangkat pengolah transaksi IBM dan dibuat untuk penggunaan umum pada komputer mainframe maupun komputer mini. IBM 350 RAMAC adalah cakram keras pertama yang memiliki ukuran sebesar 2 kali lemari pendingin dan mampu menyimpan 5 juta 6-bit karakter (atau sama dengan 3,75 juta 8-bit bytes) dalam 50 cakram bertumpuk.
Pada tahun 1961 IBM memperkenalkan cakram keras model 1311 yang berukuran sebesar mesin cuci dan menyimpan 2 juta karakter pada sebuah paket cakram mudah bongkar. Pengguna dapat membeli paket tambahan dan menggantinya apabila diperlukan sebagaimana halnya pita magnetik. Paket cakram mudah bongkar model selanjutnya menjadi keharusan dalam kebanyakan instalasi komputer dan mencapai kapasitas 300 megabytes pada awal tahun 1980an.
Beberapa cakram keras kinerja tinggi seperti IBM 2305 dibuat dengan satu pembaca-tulis (read and write head) di tiap alurnya untuk mengurangi kehilangan waktu dari pergerakan pembaca. Sistem pembaca-tulis tetap atau pembaca-tulis tiap alur ini harganya sangat mahal dan tidak diproduksi lagi.
Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan cakram keras jenis baru dengan kode "Winchester". Perbedaan pokok dari jenis ini, pembaca-tulis tidak sepenuhnya diam di susunan plat ketika cakram keras mati. Pembaca-tulis diletakan di tempat khusus pada permukaan cakram saat tidak berputar dan kembali ke posisi kerja saat cakram keras dihidupkan lagi. Ini lumayan banyak mengurangi biaya produksi motor penggerak lengan (actuator) mekanis pembaca-tulis, tetapi membatasi penggantian cakram seperti pada paket cakram model sebelumnya. Bahkan, model pertama dari cakram berteknologi Winchester ini memiliki fasilitas modul cakram mudah bongkar, termasuk paket cakram dan perakitan pembaca-tulis, meninggalkan motor penggerak pengan dalam cakram saat pemindahan. Di kemudian hari cakram Winchester tidak dipergunakan lagi dan kembali ke sistem plat cakram yang tidak mudah bongkar.
Seperti paket cakram mudah bongkar pertama, cakram Winchester jenis pertama menggunakan plat cakram berdiameter 14" atau 360 mm. Kemudian, desainer mencoba memperkecil ukuran plat untuk menambah keuntungan. Cakram tetap dibuat menggunakan plat berukuran 8" sehingga cakram keras bisa berukuran 5 1/4" atau 130 mm dan dapat dipasang pada dudukan pembaca disket. Yang terakhir ini ditujukan untuk pasar komputer pribadi (PC)
Awal tahun 1980an, cakram keras termasuk barang langka dan dianggap perangkat tambahan yang sangat mahal pada komputer pribadi. Namun pada akhir 1980an, harganya bisa ditekan sehingga bisa menjadi perlengkapan standar pada komputer pribadi berharga murah.
Awal tahun 1980an kebanyakan cakram keras dipakai pengguna akhir komputer pribadi sebagai perangkat luar untuk tambahan subsistem. Subsistem ini tidak dijual atas nama pabrik cakram melainkan atas nama produsen subsistem semacam Corvus System atau Tallgrass Technologies. Bisa juga atas nama pabrikan personal komputer misalnya Apple ProFile. IBM PC/XT pada tahun 1983 sudah menyertakan cakram keras internal berukuran 10MB dan tak lama kemudian cakram keras internal berkembang pada komputer pribadi
Cakram keras luar tetap populer lebih lama pada Apple Macintosh. Setiap Mac buatan tahun 1986 sampai 1998 memiliki sebuah port SCSI di bagian belakang supaya penambahan cakram luar lebih mudah. Masalahnya Compact Mac tidak mungkin dipasang pada dudukan cakram keras seperti pada kasus Mac Plus atau dudukan cakram keras umumnya. Makanya pada model tersebut, tambahan cakram keras SCSI pemakaian luar menjadi pilihan yang masuk akal.
Mengikuti kepadatan media penyimpanan yang meningkat dua kali lipat setiap 2 sampai 4 tahun sejak awal ditemukan, cakram keras terus berkembang karakteristiknya, dengan sedikit poin penting sebagai berikut:
- Kapasitas per cakram bertambah dari 3,75 MB menjadi 4 TB atau lebih, meningkat jutaan kali lipat.
- Ukuran fisik cakram keras berkurang dari 1,9 m3 (setara dengan dua buah lemari pendingin) menjadi kurang dari 20 mm
- Berat berkurang dari 920 kg menjadi 48 gram.
- Harga berkurang dari USD 15.000 per MB menjadi kurang dari USD 0.00006 per MB
- Waktu akses rata-rata berkurang dari 100 millidetik menjadi 40 kali lebih cepat.
- Aplikasi pasar berkembang dari komputer mainframe pada akhir tahun 1950 ke berbagai aplikasi penyimpanan data termasuk konten hiburan.
- materi RAM
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM, lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
MRAM
MRAM atau Magnetoresistive Random Access Memory adalah memori (RAM) yang menggunakan teknologi electron spin untuk menyimpan informasi di sebuah komputer. MRAM telah disebut "memori yang ideal"[butuh rujukan], yang menggabungkan potensi kepadatan dari DRAM dengan kecepatan SRAM dan non-volatility dari flash memory atau cakram keras.
MRAM dapat menolak radiasi tinggi, dan dapat beroperasi dalam kondisi suhu yang ekstrem. MRAM sangat cocok untuk aplikasi militer dan ruang.
Keunggulan MRAM
MRAM sebenarnya dapat menggantikan semua memori di komputer - DRAM, flash dan bahkan cakram keras. MRAM juga dapat bersaing dengan kecepatan SRAM (CPU cache memory). MRAM diaktifkan komputer akan dapat segera terpasang (karena tidak akan ada perlu ada beberapa tipe memori seperti hari ini).
MRAM dalam ponsel dapat berarti lebih banyak penyimpanan, dan lagi baterai.
Penjualan MRAM
Pada bulan Juli 2006, Freescale mulai menjual secara komersial MRAM modul pertama, dengan 4Mbit memori, seharga $AS 25. Saat itu masih sangat mahal dan rendah densitiy, dan mungkin sesuai yang sangat kecil daftar pilih pelanggan. Freescale melaporkan pada 2008, mereka sudah mampu menjual lebih dari satu juta chips, dan memiliki lebih dari 40 pelanggan untuk teknologi MRAM mereka.
Beberapa perusahaan lain yang juga bekerja pada MRAM, dan mencari waktu yang baik untuk ponsel dengan MRAM, MRAM atau Disk-On-Key kemungkinan pada 2010. Toshiba, misalnya, yang bekerja pada chip 1GB, dan mengatakan bahwa pada tahun 2015 akan menjadi kompetitor bagi DRAM
MRAM Jenis Baru
Ada beberapa "jenis baru" MRAM (STT-RAM, NV-RAM, dll), yang menjanjikan untuk memberikan kepadatan lebih tinggi dan lebih manufaktur yang lebih murah. Saat ini beberapa perusahaan (Hynix, Grandis, STT, Samsung) yang bekerja di STT-RAM (MRAM Spin Transfer), yang mungkin menjanjikan teknologi MRAM terbaru, meskipun terlalu dini untuk mengatakan hal itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar